Home » » Ya'ahowu Adalah Salam Ono Niha Yang Bermakna

Siarlingkungan.com // Nias - Bagi masyarakat Nias, Ya'ahowu bukan lah kata yang asing ataupun baru, Sesama orang Nias kalau bertemu diawali dengan ucapan Ya’ahowu. Memang harus demikian. Ya’ahowu adalah salam dalam bahasa daerah Nias. Dibenak saudara, apakah pengucap atau pemakai salam Ya’ahowu pernah berpikir arti dan makna Ya’ahowu secara bentuk kata (morfologi) ? Karena kata Ya’ahowu sesuatu yang lumrah dan biasa diucapkan oleh masyarakat Nias, lalu untuk apa berpikir sejauh itu, bagi awam merupakan hal yang wajar, tetapi bagi kaum intelektual tidak demikian karena sifat intelektual selalu mencari tahu dan mendapatkan tau akan sesuatu. Untuk itu melalui tulisan ini, penulis menyajikan kepada pembaca uraian kata Ya'ahowu ditinjau dari segi ilmu bahasa pada umumnya dan dari segi morfologi pada khususnya.
Ya'ahowu Ono Niha


Kata Ya’ahowu telah membudaya dan telah turun-temurun digunakan sebagai kata salam. Masyarakat Nias meyakini bahwa kata Ya'ahowu mengandung arti yang baik, Ya'ahowu berarti ter(di)berkati.

Kata Ya'ahowu selalu mengawali dan mengakhiri suatu pembicaraan, baik diacara formal maupun non formal. Kata Ya'ahowu merupakan kata sapaan khas bagi masyakat Nias, yang selalu mengakrabkan antara satu dengan yang lain. Dimanapun masyarakan Nias berada, kata Ya'ahowu selalu melekat pada pribadi mereka, hal ini merupakan ciri dari masyarakat Nias.



Vokal 'a' pada kata ahowu banyak yang berpendapat bahwa vokal ‘a’ pada kata ahowu adalah awalan yang berfungsi menyatakan sifat dari kata yang diawalinya. dimana, apabila howu duduk sebagai kata benda maka ahowu duduk sebagai kata sifat. Sehingga ahowu artinya mempunyai sifat seperti howu yang artinya sesuatu yang terus segar, bertumbuh atau sesuatu yang terus segar berkembang.

Berdasarkan cerita orang tua dulu, Ya'ahowu terdiri dari 2 suku kata yaitu ya dan howu. Sedangkan vokal 'a' pada kata ahowu adalah penghubung kata. Perlu diketahui bahwa ada beberapa bahasa Nias tidak ada terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia. Sehingga hasil terjemahan yang digunakan adalah kata yang pengertiannya atau maksudnya searah.

Jadi Kata ‘ya’ adalah awalan yang berfungsi menyatakan bentuk optatif pada kata ahowu. Kata "ya" artinya ia, setuju, [di]berikan. Contoh penggunaan kata "ya" adalah "ya tefahowu'õ ndra'ugõ" artinya semoga engkau diberkati. Contoh kedua: "ya fao khõu Zo'aya" artinya semoga Tuhan bersamamu.  Kata optatif berasal dari bahasa Latin yaitu optare artinya harapan atau keinginan, mengingini. Optatif dapat diterjemahkan dengan moga-moga atau sudi apalah kiranya.   kemudian, Kata "howu" diartikan sebagai "howu-howu yang artinya Berkat. Sehingga makna katYa’ahowu berarti diberkati atau terberkati atau berbahagia.

Bentuk optatif dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris tidak ditemukan, tetapi bentuk optatif ini dapat ditemukan pada bentuk kata kerja dalam bahasa Yunani. Memang dalam bahasa Yunani bentuk optatif hanya dipakai pada kata kerja, tetapi dalam bahasa daerah Nias, selain pada kata kerja dipakai pula pada kata sifat. Contoh: [ya’i’a ia mao] artinya semoga kucing memakannya. Untuk kata sifat [Ya’atulö ndra’ugö mane marafadi] artinya semoga anda tulus seperti merpati.

Penggunaan maupun makna dari kata Ya'ahowu tersebut. “Yaahowu dijawab dengan Ya'ahowu”. Misalkan, saya mengucapkan “Ya'ahowu” kepada Anda, maka Anda menjawab saya dengan “Ya'ahowu”, beginilah kata Ya'ahowu ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menunjukan bahwa masing-masing yang mengucapkan Ya'ahowu tersebut mengharapkan berkat terjadi kepada kehidupan satu sama lain.


Lalu bagaimana dengan kata fahowu’õ yang dapat diterjemahkan “berkatilah” ? Kata fahowu’ö merupakan bentuk kata kerja dari kata howu, namun dengan pemahaman memberi sesuatu yang adi kodrati, yang membuat si penerima berbahagia dan terus bertumbuh atau berkembang.

Kata Ya’ahowu tidak terkandung pengertian ‘Engkau’. Jadi Ya’ahowu berarti diberkati, terberkati atau berbahagia.


Penulis berpendapat bahwa kata Ya’ahowu  dalam terjemahan bebas bahasa Indonesia berarti semoga diberkati. Dari arti Ya’ahowu tersebut terkandung makna memperhatikan kebahagiaan orang lain dan diharapkan diberkati oleh Yang Lebih Kuasa. Dengan kata lain Ya’ahowu menampilkan sikap perhatian, tanggungjawab, rasa hormat dan pengetahuan. Jika seseorang bersikap demikian, berarti orang tersebut memperhatikan perkembangan dan kebahagiaan orang lain, tidak hanya menonton, tanggap dan bertanggungjawab akan kebutuhan orang lain termasuk yang tidak terungkap, serta menghormatinya sebagai sesama manusia sebagaimana adanya. Jadi makna yang terkandung dalam “Ya’ahowu” tidak lain adalah persaudaraan (dalam damai) yang sungguh dibutuhkan sebagai wahana kebersamaan dalam pembangunan untuk pengembangan hidup bersama.


_____
Penulis : Ferlianus Gulö

Tags:

0 komentar to "Ya'ahowu Adalah Salam Ono Niha Yang Bermakna"

Posting Komentar